materi ipa kelas 5 sd 09.20

MATERI IPA KELAS 5 SD


Mata Pelajaran              : IPA
Kelas/Program              : V / SEKOLAH DASAR
Semester                         : 2 (dua)
Standar Kompetensi      : Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
Kompetensi dasar         : Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
Hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya
A.Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
a.PengertianGayaGravitasi                                   
Gaya Gravitasi adalah gaya tarik menarik antar partikel yang ada di alam semesta. Jika tidak ada gaya gravitasi di Bumi ini, maka semua benda akan melayang-layang di udara..
b.PengertianGayaGesek
Gaya Gesek adalah gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan saling bersentuhan.Keuntungan dan kerugian gaya gesek:
1)Keuntungan gaya gesek
a) Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
b) Menghentikan benda yang sedang bergerak
2) Kerugian gaya gesek
a) Menghambat gerakan
b)Menyebabkan aus
 Memperbesar dan memperkecil gaya gesek:
1)Contoh memperbesar gaya gesek:
Memasang pul pada sepatu sepak bola, agar dapat digunakan pada lapangan rumput,
Pembuatan alur-alur pada ban kendaraan,Pemasangan rem pada roda kendaraan, dll.
2)Contoh memperkecil gaya gesek:
Memberikan pelumas pada rantai kendaraan,Memasang roda pada gerobak,Memasang kayu gelondongan di bawah benda, agar dapat bergerak dengan lebihlancar, dll.
c.Pengertian Gaya Magnet
1)Benda Magnetis dan Non-magnetis
Benda magnetis adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet, misalnya: besi,baja, aluminium, dll.
Benda Non-magnetis adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet,misalnya: plastik, kayu, kaca, kain, karet, dll.
2) Menunjukkan kekuatan gaya magnet
a) Garis gaya magnet
Kekuatan gaya magnet tidak merata di seluruh bagiannya, tapi kekuatan yang paling besar terdapat pada bagian kutub-kutubnya, baik kutub selatan maupun utara.
b) Pengaruh jarak benda magnetis terhadap kekuatan gaya magnet
Semakin jauh jarak benda magnetis dengan magnet, maka semakin kecil kekuatan magnet untuk menarik benda tersebut.
c) Kutub senama dan kutub tidak senama pada magnet
Kutub senama: saling menolak, Kutub tidak senama: saling menarik
3) Penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari
Contoh penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari:
a) Magnet pada pintu lemari pendingin agar pintu tertutup rapat,
b) Ujung gunting dan ujung obeng untuk memudahkannya mengambil benda-benda logam kecil, seperti jarum, baut, sekrup, dll.
c) Bel listrik untuk menggerakkan pemukul belnya,
d) Papan catur agar pion-pionnya tidak mudah terjatuh,
e) Kompas, sebagai penunjuk arah utara dan selatan,
f) Dinamo sepeda untuk menyalakan lampu sepeda,
g) Alat pengangkut benda-benda logam berat, dll.
4) Membuat magnet
a) Induksi
Caranya: menempelkan benda-benda magnetis dengan magnet alami.
b) Gosok
Caranya: menggosokkan magnet dengan searah ke atas permukaan besi atau baja.
c) Aliran listrik
Caranya: mengalirkan listrik searah ke dalam suatu penghantar. Magnet yang dihasilkan disebut elektromagnetik. Elektromagnetik pertama kali ditemukan oleh Hans Christian Oerstead pada tahun 1819.Contoh pembuatannya:
Paku dililit kawat sebanyak mungkin. Sambungkan kedua ujung kumparan pada masing-masing ujung baterai. Dekatkan paku besar tadi ke arah benda-benda magnetis kecil.
2. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
B.Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya model
1. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
2. Membuat suatu karya model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan
menerapkan sifat-sifat cahaya
C.Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
1. Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
2. Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
3. Mendeskripsikan struktur bumi
4. Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
5.Mendeskripsikan perlunya penghematan air
6. Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
7. Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi
(pertanian, perkotaan, dsb.)

0 komentar:

Posting Komentar